Kamis, 05 September 2013

Selamat datang di blog Asuransi kesehatan Allianz indonesia

Alhamdulillah, Blog Asuransi kesehatan Allianz baru diterbitkan hari ini,semoga bisa bermanfaat bagi diri penulis dan pengunjung yang ingin mengetahui informasi mengenai asuransi kesehatan Allianz secara online .
Penulis  bergabung dengan Allianz  sejak Juni 2008 di Jakarta melalui BUSS agency yang waktu itu masih berkantor di Gedung Menara Rajawali Kuningan Jakarta. Mulai tahun 2010 penulis  pindah domisili di kantor perwakilan Allianz di Ruko Paskal Hyper Square blok A 38 Jl.Pasirkaliki no.25-27 Bandung.

Baik lah mari kita mulai membahas Apa itu asuransi kesehatan : pasti sebagian besar dari kita sudah  tahu banyak jenis dari asuransi mulai dari asuransi jiwa , asuransi mobil, asuransi kebakaran ,asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri.
Mengapa kita butuh asuransi kesehatan ?
 berdasarkan data dari WHO : Perkiraan insiden kanker di Indonesia adalah 100 per 100.000 penduduk. Namun, hanya 3,2% dari kasus kanker yang baru mencari perawatan di RS. Serangan jantung masih menjadi pembunuh manusia nomor satu di negara maju dan berkembang dengan menyumbang 60 persen dari seluruh kematian, biaya pengobatan untuk penyakit kanker  cukup tinggi biaya kemoterapi 9 juta  x 30 kali kunjungan .biaya bypass jantung di RS Harapan Kita Jakarta bisa mencapai ratusan juta.Banyak dari kita yang tidak siap. 

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap tertanggung dari resiko terjadinya sakit baik yang dirawat di rumah sakit maupun penyakit kritis yang tidak dirawat di rumah sakit sesuai  perjanjian di dalam polis.

Jenis Asuransi kesehatan :
Ada beberapa jenis asuransi kesehatan yang pertama berdasarkan :Jumlah peserta ada
 1.Asuransi kesehatan Individu
yaitu asuransi kesehatan yang diikuti oleh orang per orang
2. Asuransi kesehatan kumpulan
,yaitu asuransi kesehatan yang pesertanya diatas 10 orang ,baik itu atas nama perusahaan atau organisasi

Jenis asuransi kesehatan yang kedua adalah berdasarkan Jenis manfaat yang diberikan
1.Asuransi kesehatan Santunan harian ( flexi care)
yaitu manfaat yang diberikan dihitung berdasarkan jumlah hari di rawat di rumah sakit contoh: Si Fulan ikut asuransi kesehatan dengan manfaat santunan harian 300 ribu ,kemudian 3 bulan kemudian si Fulan dirawat di rumah sakit karena demam berdarah selama 7 hari maka manfaat asuransi kesehatan yang didapat adalah 7 hari  x 300.000 = 2.100.000. Untuk proses klaimnya nasabah melakukan pelunasan terlebih dahulu kemudian bukti pembayaran dan dokumen yang diperlukan dibawa ke Allianz untuk proses reimbursement.apabila dokumen sudah lengkap maksimal 14 hari sudah ditransfer ke rekening nasabah.
2.Asuransi kesehatan Hospital benefit ( maxi violet)
 yaitu asuransi kesehatan yang memberikan manfaat lebih lengkap yaitu meliputi biaya kamar,biaya dokter ,biaya pembedahan,biaya obat,biaya ambulance contoh si Fulan ikut asuransi kesehatan hospital benefit paket kamar 300 ribu. kemudian 3 bulan kemudian si Fulan dirawat di rumah sakit karena usus buntu selama 7 hari maka manfaat yang di dapat adalah 1.biaya kamar 7 hari  x
300 ribu = 2.100.000  2.biaya kunjungan dokter  7 hari x 100.000 = 700.000 3.biaya pembedahan untuk operasi usus buntu = 3.000.000 4.biaya obat-obatan dan administrasi =2.500.000 jadi total manfaat yang didapat oleh si Fulan adalah Rp.8.300.000
3.Asuransi kesehatan Penyakit kritis ( Critical illness)
yaitu asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan terhadap penyakit kritis,kriteria penyakit kritis tercantum didalam polis .Contoh si Fulan usia 30 th ikut asuransi kesehatan penyakit kritis dengan total manfaat sebesar 200 juta, kemudian 10 th kemudian karena kondisi kesehatannya menurun dan pola makan yang tidak dijaga  si Fulan terkena Serangan Jantung yang mengakibatkan harus dirawat di rumah sakit dan dilakukan tindakan pembedahan  di RS Jantung Harapan Kita dengan biaya 100 juta.Maka manfaat yang didapat si Fulan adalah  sebesar 200 jt walaupun biaya pengobatan habis hanya 100 juta.